07 Juni 2009

Permen Karet Bergambar

By Kelik Supriyanto

Tidak terduga ternyata mainanku dahulu kutemukan lagi. Permen karet bergambar beraneka binatang, motor, dan mobil. Permen karet bermerek "GOOFY BUBLE GUM" ini berupa gambar berukuran 5,6 cm x 6,8 cm berbahan dasar plastik, sehingga bisa bertahan dari kelembaban. Foto full color. Sayang sekali saya tidak menyimpan bungkus permen karetnya sehingga tidak terlacak pabrik pembuatnya. Beredar sekitar tahun 80-an awal.

Setiap permen karet terselip selembar gambar dalam posisi terlipat. Kita tidak tahu gambar apa yang ada didalamnya. Untuk mendapatkan gambar yang lengkap kita harus banyak mengunyah permen karet tersebut. Kita selalu penasaran untuk mengetahui gambar-gambar yang ada didalamnya.

Dari seluruh koleksi saya tersebut terbagi menjadi gambar mobil, motor, kapal laut, pesawat terbang, dan hewan liar. Semua gambar motor dan mobil yang sedang trend pada waktu itu.

Pesawat terbang terdiri dari Airbus A 300 B4, Boeing 727-200, dan helicopter MBB BO 105. Sedang gambar motor terdiri dari BMW R 100 RS, Harley Davidson XLH 1000, Yamaha XS 1100, dan Suzuki GT 500. Kapal laut ada Cruiser South Carolina USA, Hydrofoil Boat Ferry London, Car Ferry greece, Frigate Karlsruhe W-Germany, Oil Supertanker, Destroyer Impavido Italy, dan Submarine Sirene France.

Gambar mobil terdiri dari Lamborghini Countach LP, Thunderbird, Mercedes Benz 280 TE, Ford Granado GLS, Mercedes Benz 600, Citroen CX2400 GTI, Lancia Stratos, Chevrolet Blazer, Cadilac Sevile, Alva Romeo Giulietta 1.6, Mitsubishi Sapporo 2000 GLS, Lotus Eclat 520, Simca Bagheera, Jaguar XJ-S, dan yang lainnya.

Gambar hewan terdiri dari beruang, jerapah, cheetah, badak, singa, macan, kucing liar.

Dari gambar tersebut yang dulu paling aku suka yaitu mobil listrik berkecepatan 226km/jam yang bentuknya unik. Hewan liar yang aku suka cheetah. Jaman dahulu setiap mau tidur gambar-gambar tersebut aku keluarkan untuk dipelototi. Mungkin karena minimnya hiburan pada waktu itu. Gambar berwarna dari plastik merupakan hal yang saya anggap cukup mewah.

Eh, ternyata sejak kecil aku suka melihat hewan, makanya sampai sekarang masih saja memelototi tayangan Discovery Chanel. Pingin sih bisa memotret hewan liar dihabitatnya. Kapan ya bisa terkabul keinginan saya ini ? Jadi iri sama Alain Compost.