30 April 2009

Idola Jaman Dulu

By Kelik Supriyanto

Lirikan matamu menarik hati
Oh senyumanmu manis sekali
Sehingga membuat… aku tergoda

Sebenarnya aku ingin sekali
Mendekatimu memadu kasih
Namun sayang-sayang… malu rasanya
Biar kucari nanti caranya

[Reff:]
Memang sekarang malam perpisahan
Namun awal lahirnya percintaan
Harapanku dapatlah kau rasakan
Meskipun belum aku menyatakan
Oh kiranya aku… telah jatuh cinta

Senyumlah sayang sekali lagi
Sebagai tanda aku tak sendiri
Percayalah baru… pertama kali
Pengalaman ini aku alami

Lagu Lirikan Matamu yang dinyanyikan oleh A. Rafiq tersebut mengingatkan akan lagu-lagu masa lalu. Bagi generasi era 80-an pasti akan mengenal artis-artis semisal R.H. Oma Irama, Elvi Sukaesih. Untuk artis anak-anak yang populer saat itu Dina Mariana, Adi Bing Slamet, Chicha Koeswoyo, Iyut Bing Slamet, Fitria Vivi S.

Selayaknya para fans. Mengoleksi gambar mereka merupakan suatu kesenangan tersendiri. Disetiap gambar yang saya koleksi disebaliknya tertulis lagu-lagunya. Jadi bisa sekalian untuk menghafalkan syairnya. Diproduksi oleh percetakan berinisial A.B.D., T, dan M. Gambar-gambar ini diselipkan di dalam bungkusan kembang gula endog cecak alias telur cicak. Permen jaman dulu berupa bulatan kecil berwarna-warni, manis rasanya.

Dari gambar-gambar tersebut terlihat trend pakaian saat itu. Iyut Bing Slamet tampak tomboy dengan jaket dan celana jeans biru serta syal merah di leher. A. Rafiq berbaju lengan panjang yang dimasukkan ke celana. Kancing baju dilepas beberapa agar terlihat dada dan kalung cakar harimaunya. Tidak lupa sepatu jenggel dan celana cut bray yang memang trend saat itu. Dina Mariana dan Fitria Vivi S memakai baju yang marak saat itu, kaos tanpa lengan.

Gaya rambut juga berbeda. Kebanyakan laki-laki dewasa berambut gondrong. Rambutnya sampai menutup telinganya.Istilah sekarang gondrong dangdut. Adi Bing Slamet dahulu rambutnya mirip rambut perempuan, poni. Model poni cocok untuk perempuan yang berdahi lebar, wajah panjang dan oval. Terkesan childish. Dina Mariana dan Fitria Vivi rambutnya di-blow out. Gaya rambut tersebut dibuat dengan memasang roll di ujung rambut sehingga jadi melengkung ke dalam. Pemanasan dilakukan dengan merendam roll tersebut ke air panas. Ada yang meledek, model rambut seperti ini sebagai model tutup panci.

Dari gambar yang remeh-remeh seperti itu kita dapat melacak gaya berpakaian tempo dulu.