20 Januari 2009

Jaran Goyang

By : Ahmad Baiquni

Mengingat masa kecil saya, banyak sekali hal yang menarik dan saya alami. Semua tersirat dalam memori otak kecil saya. Dan, terbingkai dengan indah, menjadi kenangan luar biasa dalam hidup saya.

Saya ingat, masa kecil saya di Branggahan, Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur. Ada sebuah permainan yang hingga saat ini tidak bisa saya mainkan. Permainan tersebut sangat sepele. Mainan itu disebut Jaran Goyang. Eits.... Jangan berpikir tentang kuda jika mendengar kata "jaran". Sebab tidak ada unsur kuda sama sekali.

Jaran goyang adalah mainan yang terbuat dari batang bunga tebu. Jika dilihat bentuknya mungkin mainan ini sangat tidak bagus. Bagaimana tidak ? Mainan ini berbentuk dua batang bunga tebu yang diikat dengan benang jahit.


Cara membuatnya sangat mudah. Ambil batang bunga tebu sesuai kebutuhan. Potong menjadi dua buah dengan ukuran yang sama. kira-kira 30 cm. Kemudian ambil benang dan ikatkan disalah satu batang tersebut. Tepatnya satu ujung dari batang tersebut. Setelah itu, Jaran Goyang siap dimainkan.

Memainkannya dengan cara menggulung batang yang tidak diikat benang, dari ujung ke ujung. Lantas, lemparkan batang itu ke udara. Dan, tarik batang yang ujungnya terikat benang. seketika itu batang yang terlempar akan menari-nari di udara selama beberapa detik. Gerak tarian dari bunga tebu itulah yang dinamakan Jaran Goyang.

Sangat menyenangkan bermain dengan Jaran Goyang ini. Sangat mudah membuatnya tak perlu mengeluarkan uang banyak. Namun, hingga saat ini, mungkin saya tidak bisa memainkan mainan ini sebab dibutuhkan kesabaran hingga batang bunga tebu tersebut bisa benar-benar bergoyang. Caranya ya, hanya dengan terus mencoba dan mencoba.